1. BAHASA
INDONESIA SD/MI
NO.
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1.
|
Membaca
Membaca berbagai teks nonsastra
berupa teks sederhana, laporan, pengumumsn, petunjuk pemakaian, ringkasan, makna kata, dan rubrik
khusus, serta berbagai karya sastra
berupa puisi, dongeng,
cerita anak, dan drama anak.
|
Disajikan teks bacaan 3 – 4 paragraf, siswa dapat:
• menjawab pertanyaan dengan kata tanya (apa, siapa, bagaimana, atau mengapa)
• membuat kalimat tanya sesuai
dengan isi salah satu paragraf
• menentukan ide pokok salah satu paragraf
• menentukan kalimat yang sesuai dengan salah satu paragraf.
|
Disajikan gambar kemasan obat yang terdapat petunjuk pemakaiannya, siswa dapat menjelaskan penggunaan obat sesuai dengan tingkatan umur.
|
||
Disajikan petunjuk
penggunaan sebuah produk yang diacak, siswa dapat mengurutkan dengan susunan yang tepat.
|
||
Disajikan rubrik khusus surat pembaca, siswa dapat menentukan kalimat saran dengan tepat.
|
||
Disajikan cuplikan pengumuman, siswa dapat menentukan isinya.
|
||
Disajikan teks drama, siswa dapat:
• menentukan tokoh utama
• menentukan latar
• menentukan amanatnya.
|
||
Disajikan paragraf
yang terdiri atas 4 kalimat, siswa dapat menentukan kalimat utamanya.
|
||
Disajikan teks percakapan, siswa dapat menyimpulkan isinya.
|
||
Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat:
• menentukan makna yang terkait di dalamnya
• mengartikan salah satu kata sulit
dalam kalimat.
• Menentukan antonim salah satu kata yang terdapat di dalam
paragraf.
|
||
Siswa dapat menentukan peribahasa sesuai ilustrasi yang disajikan.
|
||
Siswa dapat menentukan ungkapan sesuai ilustrasi yang disajikan.
|
||
Disajikan pantun,
siswa dapat menentukan pesan yang terkandung di dalamnya.
|
||
Disajikan dua teks, siswa dapat menentukan persamaannya
|
||
Disajikan jadwal perjalanan beberapa nama kereta api berbagai jurusan, siswa dapat:
• membuat pernyataan sesuai isi jadwal
• menentukan kereta tertentu yang berangkat/datang lebih cepat/lambat sesusi isi jadwal
|
|
|
Disajikan puisi, siswa dapat menentukan isi/ maksud yang terkandung di dalamnya.
|
Disajikan cuplikan cerita anak, siswa dapat menyimpulkan isinya.
|
||
Disajikan cuplikan laporan, siswa dapat:
• menentukan isinya
• memperbaiki kalimat yang salah strukturnya.
|
||
Disajikan percakapan dua atau tiga orang,
siswa dapat menentukan topiknya.
|
||
Disajikan teks satu paragraf, siswa dapat:
• menentukan ringkasannya
• menentukan temanya
• menentukan pesan yang terkandung di dalamnya.
|
||
Disajikan teks puisi pendek, siswa dapat:
• menentukan parafrase yang tepat
• menentukan makna kata pada puisi yang disajikan.
|
||
2.
|
Menulis
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk karangan
sederhana, petunjuk pemakaian, surat, pengumuman, dialog, formulir, teks pidato, laporan, dan ringkasan dengan menggunakan ejaan dan pilihan kata yang tepat;
menulis berbagai karya sastra
untuk anak berbentuk cerita,
puisi, parafrase, dan pantun
|
Disajikan petunjuk
cara membuat sesuatu yang diacak, siswa
dapat mengurutkan sehingga menjadi sebuah petunjuk yang runtut.
|
• Disajikan empat kalimat yang disusun secara acak, siswa dapat mengurutkan sehingga menjadi
paragraf
yang padu.
• Disajikan dua kalimat tunggal,
siswa dapat menggabungkan dengan kata hubung yang tepat.
• Disajikan kalimat rumpang, siswa dpat melengkapi dengan kata gabung yang tepat.
|
||
Disajikan surat undangan suatu
kegiatan yang belum lengkap, siswa dapat melengkapi dengan
kalimat efektif yang tepat.
|
||
Siswa dapat menentukan tanda baca pada kalimat surat yang disajikan.
|
||
Disajikan cuplikan pengumuman yang belum lengkap, siswa dapat melengkapi dengan kalimat yang di dalamnya terdapat kata depan yang tepat.
|
||
Disajikan dialog antara dua atau tiga orang yang belum
lengkap, siswa dapat melengkapi dengan kalimat yang tepat.
|
||
Disajikan formulir dan data isian, siswa dapat melengkapi formulir
sesuai dengan data yang disajikan.
|
||
Disajikan teks pidato yang belum lengkap, siswa
dapat:
• melengkapi dengan kalimat yang tepat
• memperbaiki kalimat yang ejaannya salah.
|
||
Disajikan surat resmi yang di dalamnya terdapat kata yang tidak tepat, siswa dapat memperbaikinya dengan kata yang sesuai orang yang dituju.
|
||
Disajikan cuplikan laporan, siswa dapat membetulkan ejaan
yang salah.
|
||
Disajikan data, siswa dapat menentukan kalimat laporan sesuai data.
|
|
|
Disajikan sebuah pantun yang belum lengkap di bagian isi, siswa dapat melengkapi dengan
kalimat yang tepat.
|
Disajikan gambar kegiatan, siswa dapat menyusun sebuah
paragraf yang sesuai
dengan maksud gambar.
|
||
Disajikan paragraf
rumpang, siswa dapat melengkapi dengan kalimat yang tepat.
|
2. MATEMATIKA
SD/MI
NO.
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1.
|
Memahami konsep dan operasi
hitung bilangan serta dapat menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari
|
Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung campuran
bilangan cacah.
|
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan operasi hitung campuran bilangan cacah.
|
||
Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung campuran
bilangan bulat.
|
||
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan pecahan.
|
||
Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung perkalian dan pembagian berbagai bentuk pecahan.
|
||
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita sederhana yang berkaitan dengan skala atau perbandingan lainnya.
|
||
Siswa dapat menentukan urutan berbagai bentuk pecahan dari
besar ke kecil atau sebaliknya.
|
||
Disajikan dua buah bilangan, siswa dapat menentukan
KPK atau FPB dalam bentuk
faktorisasinya.
|
||
Disajikan tiga buah bilangan dua angka, siswa dapat menentukan FPB atau KPK-nya.
|
||
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan KPK.
|
||
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan FPB.
|
||
Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung penjumlahan atau pengurangan bilangan pangkat dua.
|
||
Siswa dapat menentukan hasil penarikan
akar pangkat tiga dari suatu bilangan pangkat tiga.
|
||
Siswa dapat penyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penarikan akar pangkat tiga.
|
||
2.
|
Memahami konsep ukuran dan pengukuran berat, panjang,
luas dan volume waktu serta
penggunaannya dalam pemecahan masalah kehidupan sehari-hari
|
Siswa dapat menentukan hasil penjumlahan dan pengurangan ukuran waktu dengan satuan yang berbeda atau ukuran panjang satuan panjang
yang berbeda yang disajikan dalam soal cerita sederhana.
|
Siswa dapat menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan satuan debit atau satuan volum.
|
||
Siswa dapat menentukan penyelesaian masalah
yang berkaitan dengan ukuran berat atau satuan luas.
|
||
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita sederhana yang berkaitan
dengan jarak, kecepatan, dan waktu.
|
||
3.
|
Memahami konsep, sifat dan unsur-
unsur bangun geometri dapat menghitung besar-besaran yang terkait dengan bangun
geometri (2D/3D) memahami konsep transformasi bangun
datar, serta dapat menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari
|
Siswa dapat menentukan bentuk bangun datar dari beberapa sifat-sifat bangun yang disajikan atau sebaliknya.
|
Siswa dapat menentukan hasil pencerminan dari gambar suatu bangun datar
yang disajikan.
|
||
Siswa dapat menentukan unsur-unsur yang ada pada bangun
ruang yang disajikan (titik
sudut, sisi, atau rusuk).
|
||
Siswa dapat menentukan satu pasang bangun yang sama dan sebangun dari beberapa gambar yang disajikan.
|
|
|
Siswa dapat menentukan jaring-jaring suatu bangun ruang.
|
Disajikan gambar bangun datar dengan ukuran yang ditentukan siswa dapat menghitung
luasnya.
|
||
Siswa dapat menentukan luas gabungan atau irisan dari dua bangun datar sederhana.
|
||
Siswa dapat menentukan luas bagian lingkaran (misal setengah lingkaran).
|
||
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan volum kubus atau balok.
|
||
Siswa dapat menentukan volume prisma segitiga dari suatu gambar yang ukurannya diketahui.
|
||
Siswa dapat menentukan volume tabung dari suatu gambar tabung yang ukurannya diketahui.
|
||
4.
|
Memahami konsep koordinat untuk
menentukan letak benda dan dapat menggunakannya dalam pemecahan
masalah
|
Diberikan beberapa titik pada bidang koordinat, siswa dapat menentukan koordinat salah satu titik.
|
5.
|
Memahami konsep pengumpulan data penyajian data dengan tabel dan grafik mengurutkan data rata-rata serta menerapkan
dalam pemecahan masalah kehidupan
sehari-hari
|
Siswa dapat menentukan banyak data dari suatu gambar diagram batang
yang disajikan (terbanyak, terendah selisih, dll).
|
Siswa dapat menentukan banyak data pada diagram lingkaran yang disajikan (data dari persentase atau besar sudut tertentu).
|
||
Siswa dapat menentukan diagram batang dari data yang disajikan dalam bentuk tabel.
|
||
Siswa dapat menentukan salah satu unsur dari data yang disajikan dalam bentuk diagram batang atau lingkaran.
|
||
Siswa dapat menentukan nilai rata-rata dari sekumpulan data (rentang banyak data 6 – 10 data).
|
||
Siswa dapat menentukan nilai rata-rata dari data berbentuk tabel (banyak data kurang dari 20 data).
|
||
Siswa dapat menghitung nilai rata-rata dari sajian data berbentuk diagram batang.
|
||
Siswa dapat menentukan nilai median dari sekumpulan data tunggal yang disajikan.
|
||
Siswa dapat menentukan nilai modus dari data yang disajikan dalam bentuk soal cerita.
|
||
Siswa dapat menentukan nilai tertinggi atau terendah dari data yang disajikan.
|
3. ILMU PENGETAHUAN
ALAM SD/MI
NO.
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1.
|
Memahami ciri-ciri dan penggolongan hewan dan tumbuhan, manfaat tumbuhan dan hewan bagi manusia, serta upaya pelestariannya.
|
Siswa dapat menjelaskan fungsi
dari ciri khusus pada hewan/tumbuhan tertentu
|
Disajikan contoh beberapa tumbuhan/hewan dalam satu kelompok, siswa dapat menentukan dasar pengelompokan dari tumbuhan/hewan tersebut
|
||
Siswa dapat menjelaskan manfaat hewan/tumbuhan bagi kehidupan manusia/lingkungan
|
||
Siswa dapat menjelaskan tujuan melestarikan hewan/tumbuhan langka
|
||
2.
|
Memahami perkembangbiakan hewan dan tumbuhan serta daur hidup hewan
|
Disajikan gambar hewan/tumbuhan,
siswa dapat menentukan cara perkembangbiakannya
|
Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri
perkembangan fisik
pada manusia
|
||
Siswa dapat mengidentifikasi daur hidup hewan
|
||
3.
|
Memahami saling
ketergantungan antarmakhluk hidup
|
Siswa dapat menjelaskan contoh
hubungan antar makhluk hidup (salah satu jenis simbiosis)
|
Siswa dapat menentukan rantai makanan
yang cocok dalam komunitas/ekosistem tertentu
|
||
Siswa dapat menentukan peran komponen ekosistem
berdasarkan gambar rantai makanan
|
||
4.
|
Memahami penyesuaian diri pada makhluk hidup serta peranan manusia dalam
keseimbangan lingkungan
|
Siswa dapat menjelaskan pengaruh kegiatan manusia terhadap keseimbangan lingkungan
|
Siswa dapat menjelaskan tujuan adaptasi pada hewan/tumbuhan tertentu
|
||
5.
|
Memahami bagian tubuh manusia, tumbuhan, dan hewan, menjelaskan fungsinya, serta
mampu mengidentifikasi kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat.
|
Siswa dapat menjelaskan fungsi
organ pada tumbuhan berdasarkan strukturnya
|
Disajikan gambar alat indera, siswa dapat menentukan
fungsi bagian yang ditunjuk
|
||
Siswa dapat menjelaskan proses
yang terjadi pada salah satu bagian alat pernafasan berdasarkan gambar
|
||
Disajikan gambar alat pencernaan manusia, siswa dapat menjelaskan proses yang dilakukan enzim/zat pencernaan yang dihasilkan oleh bagian yang ditunjuk
|
||
Siswa dapat menentukan urutan aliran
darah pada salah satu sistem peredaran darah manusia berdasarkan gambar
|
||
Siswa dapat menentukan bagian kerangka manusia berdasarkan gambar
|
||
Siswa dapat menjelaskan fungsi
zat makanan tertentu bagi kesehatan tubuh
manusia
|
||
Siswa dapat menjelaskan cara pecegahan salah satu jenis penyakit pada manusia
|
||
6.
|
Memahami sifat
penyusun benda, perubahan bentuk benda dan kegunaan, serta pengaruh suhu terhadap benda dalam kehidupan sehari-hari
|
Disajikan ilustrasi suatu kegiatan siswa dapat menentukan jenis perubahan wujud zat yang terjadi
|
Siswa dapat menyebutkan
sifat-sifat bahan untuk
keperluan tertentu atau dapat menyebutkan bahan dasar benda tertentu
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar